Beragam Anomali Warna Dan Corak Pada Kucing Besar

Dunia kucing besar masih menyimpan kejutan. Alam seperti ingin menunjukkan bahwa ia masih belum berhenti untuk membuat fenomena dan anomali yang membuat decak kagum manusia. Salah satu karya alam di dunia kucing adalah fenomena anomali warna dan corak kembangan pada tutul bulu mereka. Anomali itu membuat penampakan kucing-kucing besar itu tampak lebih eksotis.

Black panther atau jaguar hitam dan harimau putih adalah anomali yang paling banyak diketahui orang. Black panther sebenarnya adalah jaguar yang mengalami mutasi gen melanistik sehingga warna bulunya tampak hitam legam. Panther masih mempunyai kembangan tutul tapi tersamarkan dengan warna dasar bulunya yang hitam. Tutul pada panther bisa dilihat dari jarak dekat dengan pencahayaan matahari yang kuat.

Selain melanistik, Anda tentu pernah mendengar tentang harimau putih. Harimau putih biasanya dari spesies harimau Bengal. Bulu putih pada harimau disebabkan karena kelainan gen yang menyebabkan harimau menjadi albino. Harimau putih sebenarnya sangat langka di alam bebas, tetapi peneliti bisa mengembangbiakkan harimau ini di penangkaran dengan cara melakukan inbreed sehingga harimau putih bisa tetap eksis.

Selain dua anomali yang paling terkenal tersebut (baca: panther dan harimau putih) ternyata terdapat anomali lain di dunia kucing. Anomali tersebut sangat langka. Alam membuatnya limited edition sehingga kabar kemunculan kucing-kucing langka itu bagaikan mitos. Itu karena saking susahnya mendapatkan bukti otentik berupa foto atau video.

Di bawah ini ada beberapa kucing-kucing yang memiliki warna dan corak kembangan yang tidak biasa.

Ada cukup banyak foto dan bisa jadi bandwith killer. Tetapi bagi pecinta kucing foto-foto dibawah ini cukup berharga untuk dilihat.

Black Panther
anomali warna dan corak kucing besar
Macan kumbang di India
Di atas adalah foto macan tutul hitam atau juga dikenal dengan macan kumbang. Itu foto penampakan kucingnya di salah satu hutan di India.

anomali warna dan corak kucing besar
jaguar hitam di Amerika Selatan
Kalau foto di atas adalah foto jaguar hitam di Amerika Selatan. Sekilas nampak sama dengan macan kumbang India, tetapi kalau dilihat dari dekat keduanya mempunyai pola corak kembangan tutul yang berbeda. Kalau dari jauh emang nggak keliatan tutulnya.

Ini anomali paling umum yang sering dijumpai. Macan tutul dengan penampakan hitam legam. Black panther bukanlah subspesies dari jaguar, mereka sebenarnya sama, hanya warnanya saja yang berbeda. Ketika mereka kawin, warna bulu keturunan mereka bisa normal atau hitam legam. Macan ini menghuni wilayah dengan habitat yang mempunyai vegetasi lebat seperti afrika tengah (kongo), India, pulau Jawa serta hutan hujan amazon di Amerika Selatan untuk macan jenis jaguar hitam.

Macan Tutul Semi Hitam
macan tutul semi hitam
Hutan Parambikkulam. India
Yang di atas adalah macan tutul, tetapi warna dan pola kulitnya berbeda dari macan tutul normal. Keren ya? Foto diatas adalah tangkapan kamera trap di hutan Parambikkulam Tiger Reserve in Palakkad district, India tahun 2012.
macan tutul semi hitam
Macan tutul semi hitam
Belum ada penjelasan ilmiah tentang polanya. Jika diperhatikan seperti ada percampuran antara pola tutul dan pola loreng. Mungkinkah ini hasil kawin silang antara macan tutul dengan harimau? Mengingat India juga merupakan habitat harimau. Mungkin alam berhasil mengawinkan mereka berdua, sesuatu yang belum bisa dilakukan di penangkaran macan oleh manusia.

Macan Tutul Putih
macan tutul putih
macan tutul putih
Ini adalah spesies macan tutul dengan warna yang jauh lebih langka, jauh lebih langka daripada harimau putih.

Ini adalah spesies yang sangat langka, saking langkanya Uniklopedia belum pernah mendengar laporan kemunculan macan tutul putih kecuali spesimen yang sudah diawetkan di rothschild zoological museum, Inggris. Lokasi asal macan tutul putih ini mungkin di India atau Afrika. Warna bulu dasarnya adalah putih terang dengan kembangan tutul kekuningan.

Macan Tutul Strawberry
macan tutul strawberry
Afrika Selatan
Warna favorit para perempuan, Pink. Warnanya kuning kemerahan, mendekati warna pink atau merah muda. Pertama dan satu-satunya di dunia.

Ini juga warna yang tidak umum bagi macan tutul. Macan ini juga tercatat sebagai kasus pertama di dunia. Penyebabnya adalah erythrism, yaitu kondisi genetik dimana pigmen sang macan memproduksi pigmen merah berlebihan sekaligus kekurangan pingmen hitam. Macan eksotis ini ditemukan di Madikwe Game Reserve, Afrika Selatan.

Harimau Putih
harimau putih
India
Harimau putih pertama ditemukan di india. Ditangkap kemudian ditangkarkan. Harimau ini dikembangbiakkan dengan cara inbreed dan disebarkan ke banyak penangkaran di seluruh dunia.

Dalam rangka tetap memperoleh keturunan yang memiliki gen putih, maka harimau putih di inbreed (kawin sedarah) di penangkaran. Resiko dari inbreed adalah keturunan harimau putih yang cacat dan lemah secara genetik. Harimau putih yang berhasil tumbuh hingga remaja dikirim ke berbagai penangkaran macan di berbagai negara. Terdapat beberapa variasi bulu harimau putih; ada yang berwarna dasar putih dengan loreng hitam, ada yang berwarna dasar putih dengan loreng hitam samar-samar, dan ada yang berwarna putih sempurna.

Berikut ini adalah beberapa foto harimau putih di penangkaran.

harimau putih
2 harimau putih yang berbeda corak loreng

harimau putih
nenen dulu om..
harimau putih
harimau putih loreng samar-samar
Dan yang dibawah ini adalah hal yang baru. Anakan harimau putih dengan warna dasar putih dan loreng hitam tebal di seluruh tubuhnya.
harimau putih
anakan harimau putih dengan loreng hitam tebal
harimau putih
nyantai bareng emak
Anakan harimau putih istimewa ini lahir di kebun binatang Madras, India.

Harimau Semi Hitam
Simlipal, India
Simlipal, India
Foto di atas adalah harimau hitam yang ditemukan di Simlipal, India. Simlipal adalah satu-satunya tempat di dunia ini yang memiliki harimau bercorak loreng hitam tebal.

harimau loreng hitam
Ini warna corak lorengnya. hitam tebal
harimau loreng hitam
harimau loreng hitam
Harimau ini unik karena pola lorengnya tebal hampir menutupi seluruh tubuhnya. Penampakannya masih sering dilaporkan terjadi di hutan Simlipal, India. Satu-satunya tempat dimana harimau loreng hitam tebal eksis.

Singa Putih
singa putih
Singa putih Afrika
singa putih
haus gan
singa putih
bayi singa putih
Foto-foto di atas adalah singa putih yang ditemukan di Kruger, Afrika Selatan. Singa daerah ini menyimpan gen albino yang bisa menghasilkan keturunan singa berbulu putih.

Entah kenapa singa putih sering bertubuh lebih besar daripada singa normal. Hal serupa juga ditemukan pada harimau albino, dimana harimau putih kerap bertubuh lebih besar dibanding harimau normal. Menurut Uniklopedia singa putih tampak sangat elegan dan lebih gagah dibandingkan singa biasa. Aura raja nya benar-benar terasa, meskipun admin juga enggak ngerti apa itu aura :P

Di penangkaran kita bisa melihat kedua spesies ini hidup berdampingan. Seperti foto-foto di bawah ini.

singa putih
harimau putih betima dengan singa putih jantan remaja
singa putih
hidup rukun
Singa Gunung Putih (White Puma / White Cougar)
puma putih
Puma putih
Foto di atas adalah satu-satunya foto puma putih yang bisa ditemukan di internet. Setidaknya yang bisa admin temukan di internet

Penampakan cougar putih / puma putih seperti mitos saja. Saking langkanya. Hingga saat ini belum dilaporkan kembali penampakan puma putih. Sama langkanya seperti macan tutul putih.

Cheetah Polos
cheetah polos
Cheetah polos
Cheetah polos juga ibarat hewan cryptozoid yang menjadi nyata.

Penampakan cheetah polos ini sebenarnya sudah dilaporkan sejak cukup lama. Sekitar puluhan tahun lalu warga lokal melaporkan adanya penampakan cheetah yang tidak memiliki tutul di punggungnya. Namun kisah itu masih menjadi mitos karena memang tidak ada bukti otentik berupa foto ataupun rekaman video. Hingga tahun 2012 seorang naturalis bernama Guy Combet berhasil mengubah mitos tersebut menjadi nyata.

cheetah polos
dongeng yang menjadi nyata
cheetah polos
tutulnya luntur kali ya?
cheetah polos
Ganteng ya gan
Ya.. Akhirnya dongeng tersebut menjadi kenyataan.

Cheetah Raja
cheetah raja
Cheetah raja
Cheetah yang mengalami kelainan genetik. Corak tutulnya mirip harimau. Sangat macho.

Sudah pernah melihat cheetah dengan corak tutul seperti di atas? Cheetah ini dijuluki cheetah raja, mungkin karena corak tutulnya yang menyerupai loreng harimau sang raja hutan. Awalnya cheetah jenis ini dikira sebagai subspesies dari cheetah namun penelitian terakhir menunjukkan cheetah raja bukanlah subspesies yang berbeda. Variasi corak kembangan tutulnya disebabkan oleh perbedaan satu gen resesif. Warnanya terlihat gahar membuat sang pemburu darat tercepat di dunia dengan tampilan yang lebih sporty.
cheetah raja
cheetah raja yang sebelah mana ya?

Singa Betina Dengan Surai Panjang
singa betina
ini singa jantan atau betina hayoo?
Singa betina bersurai mirip singa jantan. Di Okavango, Bostwana, Afrika.

Anda melihat singa jantan Afrika? Ya admin juga melihat hal yang sama. Tetapi setelah diamati organ genitalnya, ternyata singa jantan ini adalah singa jantan jadi-jadian alias singa betina. Tidak percaya? Silahkan cermati baik-baik organ genitalnya di foto bawah ini.

singa betina
eikeh betina tulen lho om..
singa betina
berburu bareng singa betina lain
Singa betina yang menyerupai singa jantan ini ditemukan di wilayah delta Okawavngo, Botswana. Peneliti berpendapat fenomena ini terjadi karena terdapat aktivitas hormon testoteron berlebih selama masa kehamilan. Penyimpangan alamiah tersebut menghasilkan keturunan berupa singa betina yang mempunyai hormon testoteron berlebih. Ibaratnya seorang perempuan yang berkumis dan berjanggut.

Singa betina yang ganteng ini tidak berperilaku seperti singa jantan, perilakunya normal layaknya singa betina pada umumnya. Ia aktif berburu bersama kawanan singa betina lainnya, merawat anak-anak singa dalam kelompok, mencuci, menyapu, mengepel, dan memasak, pokoknya secara perilaku ia adalah singa betina tulen. Kawanannya pun menerima singa ini sebagai singa betina biasa. Menurut Uniklopedia fenomena terakhir adalah anomali yang paling unik yang pernah terjadi di dunia kucing besar.

Tampaknya alam masih belum berhenti membuat kejutan. Mungkin seiring berjalannya waktu kita akan disuguhi berbagai anomali lainnya. Selama manusia tidak membuat populasi mereka turun atau punah, nampaknya kita masih akan menyaksikan karya-karya alam lainnya.

===0===


sumber : http://jagat-kucing.blogspot.co.id/2013/10/uniknya-anomali-warna-dan-pola-pada.html
http://liputan6.com

9 comments

Keren.... Semoga menjadi penyemangat kita dalam melindungi spesies kucing besar.

Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

Ayo daftarkan diri anda bersama kami di kelinci99.info ya..
1 id bisa bermain sepuasnya..."
kontak 2.B.1.E.7.B.8.4...
dengan cs angelina sedang bertugas..


Ayo daftarkan diri anda bersama kami di kelinci99.info ya..
1 id bisa bermain sepuasnya..."
kontak 2.B.1.E.7.B.8.4...
dengan cs angelina sedang bertugas..



Ayo daftarkan diri anda bersama kami di kelinci99.info ya..
1 id bisa bermain sepuasnya..."
kontak 2.B.1.E.7.B.8.4...
dengan cs angelina sedang bertugas..


Masih Binggung Mencari Situs Togel Online, Live Casino & Taruhan Bola Yang Terpercaya ?
Perkenalkan Kami Adalah Bandar Togel Terpercaya .
Menang Berapa Pun Akan Kami Bayar !!
Nikmati Fasilitas Exclusive Dari Kami :
Pasaran 5 Pasaran Togel Di Sediakan : Sydney ~ Japan4D ~ Singapore ~ China4D ~ Hongkong
Proses Transaksi Yang Cepat Dan Super Mudah .
Minimal Depo 20rb & WD 50rb
Togel Online : WWW.AREATOTO.NET
Mudah Di Akses Dari Berbagai Gadget .
Layanan CS Yang Ramah Dan Online 24 Jam Setiap Hari Nya .
Jangan Pusing Lagi Boss .
Bermain lah Dengan Santai Dan Pasang Taruhan Anda Bersama Kami
Informasi Lebih Lengkap di AREATOTO

Ayo daftarkan diri anda bersama kami di kelinci99.info ya..
1 id bisa bermain sepuasnya..."
kontak 2.B.1.E.7.B.8.4...
dengan cs angelina sedang bertugas..


Ayo daftarkan diri anda bersama kami di kelinci99.info ya..
1 id bisa bermain sepuasnya..."
kontak 2.B.1.E.7.B.8.4...
dengan cs angelina sedang bertugas..


EmoticonEmoticon